Wednesday, August 26, 2020

How to say "Sorry" in English

How to say "Sorry" in English

How is it going on?. Welcome back again on my blog. Now, there is a new and interesting English material about how to say "Sorry" in English. Oke kembali lagi di blog saya. Hari ini ada materi bahasa inggris baru loh yaitu tentang bagaimana sih caranya meminta maaf kepada seseorang. Masih bingung kan gimana caranya ?. Oke don't be worried ! Jangan khawatir disini kita akan belajar mengenai itu semua. Berikut ini disediakan bagaimana caranya meminta maaf kepada seseorang dan bagaimana caranya merespon/menjawab ungkapan maaf tersebut (how to respond "Sorry" expression).





I. How to say "Sorry"
Oke, ungkapan ini biasanya kita gunakan untuk meminta maaf kepada seseorang karena kita melakukan/berbuat suatu kesalahan. Ungkapan "Sorry" (maaf) ini sangat lazim dilakukan untuk menjaga juga menghargai perasaan orang yang sudah tersakiti tersebut. Adapun tata cara meminta maaf tersebut adalah sebagai berikut :


   "Sorry" ExpressionTerjemahan
Sorry Maaf
Whoops! Sorry!Upps ! Maaf !
I'm sorry !Saya/aku minta maaf
I'm so/very/terribly sorry Saya/aku benar-benar minta maaf
Pardon !Maaf yah !
Pardon me !Maafkan saya yah !
My apologies Saya meminta maaf
My mistake/fault/badkesalahan/kekhilafan saya
I want to/would like to apologizeSaya ingin minta maaf
Excuse me!Maafkan saya
I apologize!Saya/aku meminta maaf
I hope you can forgive me!Saya harap kamu bisa menerima maafku
I apologize for ...Saya meminta maaf atas ...
Please accept my (sincerest) apologies Tolong terima maafku yang paling dalam
I sincerely apologizeSaya/aku sungguh minta maaf

forgive me!Maafkan saya !      
Excuse my (ignorance) ! Maaf atas kekhilafan saya
Sorry about thatMaaf atas hal itu
That's my fault/mistake/badItu kesalahan/kekhilafanku

Ada materi tambahan nih. Bagaimana sih caranya mengungkapkan maaf kepada orang yang lebih tua dari usia kita?. Dan bagaimanakah kita meminta maaf dalam kondisi formal (sopan) ?. Tenang jangan hawatir, gampang kok caranya mudah sekali, it is very easy. Yaitu dengan cara

Please, ....... (Ungkapan Maaf) 

Contoh :
》Please, forgive me ! (Tolong, maafkan saya !)
》Please, pardon me ! (Tolong, maafkan saya !)
》Please, excuse my (ignorance) ! (Tolong, maafkan kesalahanku !)




Apabila kita salah informasi ketika melakukan komunikasi/interaksi dengan seseorang, maka kita boleh mengungkapkan dengan cara :

"Sorry" (Kesalahan Informasi)Terjemahan (Indonesia)

I had that wrong
Saya/aku khilaf
My apologies  Saya minta maaf yah !
My mistakeSaya/aku khilaf
I was wrong on that Maafkan atas hal itu !




II. How to respond "Sorry"
Oke, setelah kita mempelajari bagaimana caranya meminta maaf kepada seseorang mari kita belajar bagaimana caranya merespon seseorang yang meminta maaf kepada kita. Tidak elok kita untuk tidak menjawab ungkapan tersebut. Tentu saja, kita harus menghargai perasaanya seseorang sudah meminta maaf tersebut. Berikut ini tata cara merespon/menjawab ungkapan maaf tersebut :
1. It’s okay (Tidak apa-apa)
2. It’s no problem at all (Sama sekali itu bukanlah masalah)
3. No problem ! (Tak masalah)
4. It's no problem (tidak masalah)
5. Don’t worry about it (Janganlah cemas mengenai hal tersebut)
6. Don’t take it to heart (Tidak perlu diambil hati)
7. Forget it (Lupakan itu)
8. Never mind (Tidak perlu dipikirkan)
9. Not a big deal (Bukan suatu masalah serius)





Demikian penjelasan mengenai bagaiamana tata cara mengucapkan maaf kepada seseorang. Intinya, ungkapan ungkapan tersebut bisa kita praktekan secara leluasa karena disediakan beberapa ungkapan yang bisa dipilih sesuai yang kita inginkan. Sekian jangan lupa untuk subscribe juga channel pembelajaran bahasa inggris yaitu channel :
1. Cakrawala Ilmu
2. Karakteristik Muslim
3. KangGuru Kreasi

1 comment:

Soal Latihan tentang "Telling The Days in English"

  Soal Latihan tentang "Telling The Days in English" Hi guys welcome back here how's life?. In the sunny day, today I want to ...