Wednesday, September 2, 2020

Our Identities In English (Identitas Kita dalam Bahasa Inggris)

Our Identities In English (Identitas Kita dalam Bahasa Inggris)




Assalamualaykum
Hello all ! How is it going on? (Apa kabar?). Oke, kembali ke blogspot yang ketcee abis ini yaitu The International English. Yoo mari kita belajar lagi meskipun dalam kondisi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jangan sampai kita menjadi malas teruslah belajar dengan media apapun untuk mencapai cita cita yang kita impikan kelak nanti di masa yang akan datang. Oke sekarang ada materi mengenai Our Identities (Identitas diri Kita) dimana materi ini merupakan materi kelas 7 SMP semester 1 BAB 2. Permulaan BAB 2 yang pada praktiknya materi ini menjelaskan tentang bagaimana kita menjelaskan jati diri kita (introduce ourself to someone/our friends). Jati diri apapun yang kita miliki bisa membantu kita dalam menjelaskan siapakah kita kepada orang lain, dimulai dari pengenalan nama diri, alamat, tanggal lahir, dsb. Oke kita coba simak pada penjelasan berikut ini.


I. Salam Pembukaan (Introduction)

Pertama kali yang harus kita perhatikan dalam memperkenalkan jati diri kita kepada teman/orang lain yaitu kita harus mengucapkan salam pembuka, seperti :
1. Hello/Hi ! (Halo/hai !)
2. Good morning/afternoon/evening/night

II. Introduce your name (Perkenalkan namamu)
◇ My name is... (namaku ...)
◇ I am ... (Aku adalah ...)

Contoh :
Hello. My name is fauji. (Halo. Namaku Fauji)

III. Introduce your address (Perkenalkan Alamatmu)
◇ I am from ... (Saya berasal dari ...)
◇ I live in ... (Saya/aku tinggal di...)
◇ I live on ... (Saya/aku tinggal di...)
◇ I live at ... (Saya/aku tinggal di...)

Contoh :
I am from West Java. I live in Bandung. I live on Jalan Cangkuang. Precisely,I live at 26 Jalan Cangkuang.
Terjemah :
(Saya berasal dari Jawa Barat. Saya tinggal di Bandung. Saya tinggal di Jalan Cangkuang. Tepatnya, saya tinggal di Jalan Cangkuang nomer 26)

Oke, ada beberapa hal yang harus kalian pahami dalam memperkenalkan alamay kalian kepada orang lain, yaitu penggunaan preposisi (kata depan). Jadi penggunaan tersebut harus dipahami dengan baik baik supaya tidak terjadi kekeliruan.

》From (Dari)
Merupakan preposisi yang memiliki arti sebagai "dari". Penggunaan preposisi ini cakupan wilayahnya sangat luas sekali.
Contoh :
I am from West Java (saya dari Jawa Barat)
I am from Central Kalimantan (Saya dari Kalimantan tengah)

》In = Di (Kurang spesifik)
Merupakan jenis preposition (kata depan) yang memiliki arti sebagai "di". Kata depan ini bisa kita tujukan pada tempat yang cakupannya luas.
Contoh :
I live in Bandung (saya tinggal di Bandung)
I live in New York (saya tinggal di New York)

》On = Di (Lebih spesifik)
Merupakan suatu jenis preposisi (kata depan) yang artinya yaitu "Di", "diatas", "pada". Penggunaan kata depan ini ditujukan pada tempat yang cakupannya tidak begitu luas. Biasanya,dalam penggunaanya kata depan "On" (di) ini tidak disertai dengan nomer alamat/wilayah.
Contoh :
I live on Parken Street (saya tinggal di Jalan Parken)


》At = Di (Sangat spesifik)
Merupaakan jenis preposisi yang memiliki arti sebagai "di", "kepada", "pada" dsb. Penggunaan jenis preposisi ini ditujukan pada tempat yang cakupan wilayahnya begitu sempit sekali sehingga ketika kita menggunakan preposisi "at" (di) ini rupanya begitu spesifik bisa disertai dengan nomer alamat dsb.
Contoh :
I live at 24 Parken Street (saya tinggal di Jalan Parken nomer 24)



Oke kita coba untuk memperkenalkan identitas/jati diri kita kepada orang lain dengan cara yang singkat. Berikut ini contohnya :

Perkenalan Diri I
Hello. Let me introduce myself. My name is Agus. I am from Central Java. I live in Kebumen, in Kampung Jawa, on Jalan Soedirman. To be precise, I live at 45 Jalan Soedirman.
Terjemahan ;
Halo. Biarkan saya memperkenalkan diri saya sendiri. Nama saya Agus. Saya berasal dari Jawa Tengah. Saya tinggal di Kebumen, Kampung Jawa, Jalan Soedirman. Tepatnya, saya tinggal di Jalan Soedirman nomer 45.

Perkenalan Diri II
Good morning. Let me introduce myself. My name is Siti. I am from West Java. I live in Bandung, in Kecamatan Kutawaringin, on Jalan Jatisari. Precisely, I live at 65 Jalan Jatisari.

Terjemahan :
Selamat Pagi. Ijinkan saya memperkenalkan diri saya sendiri. Nama saya Siti. Saya berasal dari Jawa Barat. Saya tinggal di Bandung, Kecamatan Kutawaringin, Jalan Jatisari. Tepatnya, saya tinggal di Jalan Jatisari nomer 65.


Demikian penjelasan mengenai jati diri/identitas (our Identities), yaitu pelajaran Bahasa inggris kelas 7 Semester 1 pada Chapter 2. Semoga bisa memberikan ilman nafi'an bagi kalian semua.





2 comments:

Soal Latihan tentang "Telling The Days in English"

  Soal Latihan tentang "Telling The Days in English" Hi guys welcome back here how's life?. In the sunny day, today I want to ...