Sunday, July 19, 2020

Asking For Help and Offering Help

Asking For Help and Offering Help (Meminta Bantuan dan Menawarkan Bantuan)




Hello ! What's up?. Welcome back again in The International English. How are you today?. Oke selamat datang kembali di Blog ini. Mari kita belajar materi Bahasa Inggris kelas 8 SMP semester 1 yaitu mengenai Asking and Offering Help (Meminta dan Menawarkan Bantuan). Oke ungkapan ungkapan tersebut biasa kita gunakan untuk meminta bantuan kepada seseorang ketika kita sedang berada dalam kesusahan. Begitu pun, kita juga pada praktiknya pernah ataupun sering menawarkan bantuan kepada seseorang yang sedang membutuhkan pertolongan. Tentu saja, karena manusia adalah manusia yang tidak bisa hidup sendiri dengan kata lain membutuhkan pertolongan orang lain. Oke, dalam tulisan kali ini kita akan belajar bagaimana sih mengungkapkan expresi ketika kita membutuhkan pertolongan dan menawarkan bantuan kepada orang lain yang sedang kesusahan dalam konteks Bahasa Inggris. Masih bingung kan?. Nah jangan bingung karena disini akan dibahas loh.


What is the meaning of "Asking and Offering Help"?
Apa sih yang dimaksud dengan "Asking and offering for help"?. Oke yang pertama yaitu Asking For Help merupakan suatu expression (ungkapan) yang bertujuan untuk meminta sesuatu pertolongan/bantuan kepada seseorang. Yang kedua yaitu Offering For Help yaitu bentuk expression (ungakapan) yang bertujuan untuk menawarkan suatu pertolongan/bantuan kepada seseorang yang membutuhkan bantuan. Adapun Expression (ungkapan) untuk menawarkan dan meminta bantuan itu terbagi atas dua cara berdasarkan formal/informal nya. Untuk kondisi formal (resmi/sopan) biasanya kita menggunakan kata Please, Could, Would, Might, Should, dsb. Sedangkan, untuk kondisi yang informal (biasa/kurang sopan) biasanya kita gunakan kata seperti Can, Will, May, Must, Shall dsb.

The Manners to Ask for Help
Cara meminta bantuan ada beberapa cara yaitu :
1. Cara biasa (informal)
Yaitu bisa kita lakukan dengan seseorang yang benar-benar dekat dengan kita, sahabat, kawan, teman dekat. Biasanya kita gunakan kata kata yang tidak formal/biasa saja seperti Can, Will, May, Must, dsb.
Contoh :
》Can I help you ? (Dapatkah saya membantumu?)
2. Cara sopan (formal)
Yaitu bisa kita lakukan dengan seseorang yang belum kenal dengan kita, orang yang lebih tua dari kita, rekan bisnis dsb. Biasanya kita gunakan kata kata yang formal/resmi seperti menggunakan Could, Would, Might, dsb.
Contoh :
》Could you help me, sir?. (Dapatkah Anda membantu saya, tuan?)

3. Cara sangat sopan (formal)
Kita bisa meminta bantuan dengan sangat sopan yaitu dengan menambahkan kata "Please" dan juga kata Could, Would, Might, dsb.
Contoh :
》Could you help me, please ?

Asking for Help (Formal)
Merupakan ungkapan meminta bantuan secara formal kepada seseorang dalam situasi yang formal/resmi misalnya di kantor atau meminta bantuan kepada orang yang usianya lebih tua daripada kita. Berikut ini merupakan contoh contoh ungkapan meminta bantuan (asking for help) secara formal. 



No. Asking for help (Formal)             Terjemahan
1Would you mind opening the door?Apakah Anda keberatan untuk membukakan pintu?
2Do you mind lending me money?Apakah Anda keberatan untuk meminjamkan saya uang ?
3Could you help me?Dapatkah Anda membantu saya?
4Would you mind to sweep the floor?Apakah Anda keberatan untuk menyapu lantai itu ?
5I need your help, pleaseSaya membutuhkan pertolongan Anda
6Could you give me a hand, please?Dapatkah Anda membantu saya ?
7Would you help me?Maukah Anda membantu saya ?
8May i ask for some help ?Bolehkah saya meminta bantuan ?
9Could you bring the book, pleaseBisakah Anda membawakan buku itu ?
10Would you like to help me ?Maukah Anda membantu saya ?
11Could you give me a hand with this?Dapatkah Anda membantu saya dengan ini ?
NoAsking for help (Informal)Terjemahan
1Can you lend me money ?Dapatkah kamu meminjamkan saya uang ?
2Can you help me?Bisakah kamu menolong saya ?
3Help meTolong saya
4Can I ask a fovour ?Bisakah saya meminta bantuan ?
5Can you give me a hand with this?Bisakah kamu membantu saya dengan ini ?
6Can you mop the floor ?Bisakah kamu mengepel lantai itu ?
7Can you bring the book ?Dapatkah kamu membawakan buku itu ?
8Can you do me a favour ?Bisakah kamu memberikanku bantuan ?
9Will you help me ?Maukah kamu membantu saya ?
Tanggapan Menerima untuk Membantu (Responses of Asking for Help)
Adapun di bawah ini merupakan tata cara merespon atau tanggapan menerima untuk membantu (Responses of Asking for Help)
NoResponses of Asking for Help (Formal)Terjemahan
1Yes, I couldYa, saya bisa
2Sure. I wouldTentu. Saya bisa
3Okay. You mayOke. Kamu boleh
4No, I don’t mindTidak, Saya tidak keberatan
5Certainly. I couldTentu saja. Saya bisa
6I am sure, I couldSaya yakin, saya bisa
7I am sure, I wouldSaya yakin, saya mau
Sedangkan di bawah ini merupakan tata cara merespon atau tanggapan menerima untuk membantu secara informal (Responses of Asking for Help)

No Responses of Asking for Help (Informal)Terjemahan
1SureTentu
2CertainlyTentu saja
3OkayOke
4Okay. No problemOke. Bukan masalah
5Not problemTak masalah
6Yes, I canYa, saya dapat
7Sure, I canTentu saja, saya bisa
8Yes, I willYa, saya mau
9Certainly, I willTentu saja, saya mau

Tanggapan Menolak untuk Membantu (Responses of Declining Help)
Adapun di bawah ini merupakan tata cara merespon atau tanggapan menolak untuk membantu (Responses of Asking for Help)
NoResponses of Declining help (Formal)Terjemahan
1Sorry. I couldn’tMaaf. Saya tidak bisa
2I am so sorry. I couldn’tSaya minta maaf. Saya tidak bisa
3Sorry. I am busy nowMaaf, Saya sibuk hari ini
4Sorry, I couldn’t do itMaaf, saya tidak bisa melakukannya
5I’m afraid. I couldn’tSaya takut, saya tidak bisa
6Sorry, I mindMaaf, saya keberatan
7I am not sure, I couldSaya tidak yakin, saya bisa
8I am sorry, I am in hurryMaaf, saya buru buru
No Responses of Declining Help (Informal)Terjemahan
1Sorry, I can’tMaaf, saya tak bisa
2I am so sorry. I can’tSaya minta maaf. Saya tak bisa
3Sorry, I am in hurryMaaf, saya buru buru
4Sorry, I am busyMaaf, saya sibuk
5Sorry, I can’t do itMaaf, saya tak bisa melakukannya
6I am afraid, I can’tSaya takut saya tak bisa
7I’m not sure, I canSaya tak yakin, Saya bisa
8I’m not sureSaya tak yakin
Menawarkan Bantuan (Offering for Help)
Adapun di bawah ini merupakan tata cara menawarkan bantuan kepada seseorang baik formal maupun nonformal (Offering for Help).
NoOffering HelpTerjemahan
1Could I help you ?Dapatkah saya membantu Anda ?
2May I help you ?Bolehkah saya menolong Anda ?
3Would I help you ?Maukah saya bantu ?
4What could I do for you ?Apa yang dapat saya bantu untuk Anda ?
5What should I do for you ?Apa yang seharusnya saya lakukan untuk Anda ?
6May I offer my assistance?Bolehkah saya menawarkan bantuan ?
7Would you like some help ?Apakah Anda butuh bantuan ?
8What shall I do for you ?Apa yang mesti saya bantu untuk Anda ?
9May I offer my help ?Bolehkah saya menawarkan bantuan ?
10Do you need some help ?Apakah kamu butuh bantuan ?
11Need any help ?Butuh bantuankah ?
12Do you need any help?Apakah kamu butuh bantuan ?
13Can I do anything to help you ?Apa yang dapat saya lakukan untuk menolongmu ?
14Can I help you ?Dapatkah saya membantu kamu ?
15What can I do for you ?Apa yang dapat saya lakukan untukmu ?
Menerima Bantuan (Accepting the Offer)
Adapun di bawah ini merupakan tata cara merespon atau tanggapan menawarkan bantuan kepada seseorang baik formal maupun nonformal (Offering for Help).

NoAccepting the offerTerjemahan
1Thanks/Thank youTerima kasih
2Yes, pleaseYa, tolong
3YesYa
4OkayOke
5What a good idea !Ide yang bagus !
6How kind of you ! Thank you so muchBetapa baiknya kamu ! Terima kasih banyak
7Many thanksTerima kasih banyak
8You are very kind. Thanks a lotKamu sangat baik. Terima kasih banyak
9Thanks a lotTerima kasih banyak
10With pleasure, ThanksDengan senang hati,terimakasih
11I’d like it so muchSaya begitu menyukainya
12Yes please, I appreciate your helpYa tolong, saya mengapresiasi bantuanmu






Menolak Bantuan (Declining the Offer)
Adapun di bawah ini merupakan tata cara merespon atau tanggapan menolak bantuan kepada seseorang baik formal maupun nonformal (Declining for Help).



NoDeclining the offerTerjemahan
1No, ThanksTidak, terima kasih
2No, Thank youTidak, terima kasih
3No, Thanks. I don’t need itTidak, terima kasih. Saya tidak membutuhkannya
4Don’t worry, I can do itJangan khawatir, saya bisa melakukannya
5It’s okay, I will do it myselfTak apa, saya akan melakukannya sendiri saja
6It’s very kind of you, but i can do it myselfBetapa baiknya dirimu, tetapi saya dapat melakukannya sendiri
7That’s very kind of you, I can manage it myselfBetapa ramahnya kamu, saya dapat mengurusnya sendiri

Demikian penjelasan kali ini semoga bisa bermanfaat. Semoga materi tentang Asking for Help (meminta bantuan) dan Giving help (memberikan bantuan) bisa bermanfaat bagi siswa siswi SMP Kelas 8 semester 1. The international english

3 comments:

  1. That's great again. Please share about the expression of saying thanks to other people in the formal situation and informal situation

    ReplyDelete
  2. Wow it is an amazing explanation. I like it

    ReplyDelete
  3. Thx FYI keep working The International English

    ReplyDelete

Soal Latihan tentang "Telling The Days in English"

  Soal Latihan tentang "Telling The Days in English" Hi guys welcome back here how's life?. In the sunny day, today I want to ...